Saturday, May 26, 2007

Tipat Cantok - Bali

Kali ini saya nostalgia ama masa masa kuliah dulu di daerah Nusa Dua. Bolos dari kantor buat mampir jauh jauh ke warung yang ada di Jalan Kurusetra. Kalo banyak yang ga tau nama jalannya, tanya aja kalo udah nyampe di daerah Nusa Dua. hehehe. Warungnya kecil, ga ada yang istimewa dari luar. Dan juga gak ada namanya.

Ini salah satu makanan yang simple banget yang jadi favorit anak kuliahan yang harus bisa ngatur budget makan seperti saya dulu.Kenapa namanya tipat cantok? Itu karena makanan ini bahan utamanya adalah tipat (bahasa balinya ketupat) yang dicantok. Nah..dicantok itu piye? Hmmm...diulek terus diaduk aduk di cobek gitu deh pokona. Mungkin banyak juga yang tahu dan mungkin aja ada di daerah daerah lain, tapi sampai sekarang buat saya warung ini masi punya tipat cantok yang terenak. Racikan bumbunya itu pas banget

Bumbunya ga susah. Cuman kacang tanah goreng, bawang putih ama kencur, cabe, gula merah ( kalo orang bali nyebutnya gula bali ) garam, bawang goreng, ama jeruk limo. Sekilas bisa dibilang mirip bumbu pecel, cuman yang ini masih lebih enak daripada yang dijual disupermarket itu.
Tupat nya enak kalo pake tupat yang dibuat dari janur, bukan lontong yang dibungkus daun pisang itu. Trus tambah potongan tahu goreng, ama kecambah. Aduk aduk di cobek....
Kelar.....


Warung ini selalu rame kalo siang. Kadang harus rela antri panjang. Bukan cuman anak kuliahan aja yang sering belanja disini, tapi staf staf hotel juga sering banget keliatan keluyuran disekitar. Mungkin mereka udah pada bosen ama menu kantin di hotelnya. Hehehe...

Trus harganya itu hemat buat kantong. Kalo jaman saya kuliah harganya 2000, tapi sekarang udah naik jadi 3000. Hehe...

Oyah, selain tipat cantok, andalan warung ini adalah rujak kuah pindang. Huaaa....ngiler!

8 comments:

valens said...

wah, bocah ini lengkap banget info bumbu-bumbunya, jangan-jangan yang empunya warung yak ? hauahuahu

lavender said...

ahh oom bisa ajah...
saya kan online marketer nya
wakkakaka

valens said...

makan apapun minumnya teh botol sosro ya lav' ?? :))

lavender said...

plus krupuk :p

Bali-Boy said...

Domisili di Bali ya??

Udah nyoba warung Made belum?
disekitaran Denpasar, lupa nama daerahnya udah 2 tahun nggak kesana.

wayan said...

memang tipat cantok top banget...
tapi sekarang agak jarang dan sulit nyarinya

coba kunjungi www.tipatcantok.com
all about kuliner

alexa said...

tried tipat cantok while i was in Bali... i must say the taste was really exquisite... anybody knows where can i get the recipe?

Anonymous said...

Saya bln juli kmrin mkn di warung ini ( dpn pura kan warungnya ) enak bgt tipatnya Dan rujak kuah pindangnya yg ngangenin kalo lg ngidam hehehe..