Saturday, May 24, 2008

Sate Klopo

Berdasarkan rujukan dari Buk Maya untuk incip-incip makanan emperan yang konon sempet didatengi ama acara televisi bertema makan-makan, jadinya ngincip penasaran juga pengen nyobain, sedahsyat apa toh rasaya...?? :D.

Sate klopo ini terletak di Jl. Ondomohen, Surabaya. Rute yang paling gampang adalah anda cari aja Delta Plaza, kalo udah ketemu jalan terussss kemudian di perempatan air mancur belok kanan (arah ke Balai Kota), ambil jalur kiri kemudian lurus mentok, pertigaan belok kiri, lurus aja, nanti sebelum naik ke jembatan, di sebelah kanan (hampir ujung jalan sebelum perempatan) ada emperan andok disana, bakul sate dengan keber warna kuning bertuliskan Sate Klopo. Nah itu dia tempatnya !!

Sate klopo disini ada tiga macem, Daging, Usus dan Sumsum. Saat itu ngincip bersama sukarelawan Mbak Supre mencoba sate daging dua porsi. Karena kita kehabisan lontong jadinya si penjual menawarkan nasi. Satu porsi sate ada 10 tusuk yang masing-masingnya terdiri dari 50% daging dan sisanya gajih alias lemak, sate ditaburi ama parutan kelapa kemudian dibakar diatas arang bathok. Jadinya saat digigit krenyes-krenyes kelapa masih terasa dilidah, dagingnya sendiri empuk, apalagi gajihnya :p. Bumbu seperti biasa bumbu kacang ditambah irisan bawang dan lombok, sayang bumbu kacangnya dikit banget. Nasi yang disuguhkan juga ditaburi serundeng kering yang gurih khas sate klopo.

Untuk dua porsi sate plus nasi putih dan es teh, ngincip menebus dengan harga 28ribu, mayan mahal juga :D

untuk rasa, ngincip memberi nilai 2,5 klopo dari 5 klopo, silahkan mencoba ;)... salam ngincip dari Surabaya.



2 comments:

Pre said...

selain sumsum n usus, seingetku ada pilihan sate jeroan lainnya. salah satunya ati.

sus said...

o iyo tah?, aku jek penasaran ama sumsum... tapi hargane kok ketokane ngeri, mengingat sebelah kita sempet ribut gara2 kaget pas ditagih hihihi