Tuesday, November 04, 2008

Kupang Suko - Sidoarjo

Kupang lontong ini makanan khas Jawa Timur. Kupang sendiri sejenis seperti kerang tapi kecil-kecil banget, kalo pengen tahu bentuk aslinya, di daerah kenjeran banyak ituh petani kupang, biasanya mereka mengaduk-aduk pasir di tengah laut yang dangkal dengan membawa semacam saringan untuk memisahkan pasir dan kupangnya.
Bagi yang pengen tahu hasil jadinya, baca aja liputan berikut ;)

Kupang lontong yg Ngincip survey adalah kupang lontong yang konon sudah terkenal oleh para penggemar kupang di daerah Surabaya, yakni kupang Suko. Kenapa disebut Suko? Karena letaknya ada di dusun Suko daerah Sidoarjo. Untuk menuju ke lokasi gampang saja, masuk jalan Tol jurusan Surabaya-Sidoarjo. Keluar dari gerbang Tol Sidoarjo puterbalik kemudian masuk ke jalan yg menuju ke Krian (jalan ini berdampingan ama jalan tol). Setelah itu lurus aja, setelah ketemu traffic light pertigaan, belok kiri. Pasang mata dengan awas, kira-kira 500m dari traffic light, di sebelah kiri jalan, disitulah tempat warungnya. Kecil dan sederhana sekali.


Kupang lontong kuahnya sedep engga amis plus ada rasa kecut-kecut (dari jeruk purut keknya), petisnya krasa tapi engga dominan dan sambelnya pedes sedang. semuanya dipadu menjadi rasa yang sluurrpp. Kupang disajikan dengan beberapa potong lontong plus lentho. Lentho sepertinya terbuat dari ketela yg di potong panjang2 kemudian di kepeli bulat, jadi empuk waktu digigit.
Teman makan kupang adalah Sate kerang, untuk yang ini ngincip memesan seporsi. Empuk dagingnya cuma tampak kurus-kurus :D.

Total untuk dua piring kupang, sepuluh tusuk sate kerang plus dua gelas kelapa muda bisa ditebus duapuluh ribu rupiah.

Untuk kupang ngincip memberi nilai 3,75 kupang dari 5 kupang, layak dicoba ;)

4 comments:

Mee said...

uwaaaa!!!!!!!!!!!
pengen sate kerang!!!!
pokoke kalo mudik aku harus kamu anter ke situ lens! *malak mode*


btw bahasamu kok campur bawur gini sih di sini?
kalo ada orang yg ga ngerti bahasa Jawa baca bisa binun itu lens! :(

val said...

tapi kamu yg traktir ya emm' :D *malak ganti

iyo rek, jek tas sadar ternyata bahasaku campur bawur #-o

The Diva said...

Kamu tau kupang hidupnya dimana?

Kamu tau kenapa peribahasa Jawa berbunyi "... koyok kupang ketok taek?"

Hihihi. Aku tau ini blog makanan tapi aku kan nggak biasa nulis pake *** bintang-bintang *** (seperti dikupas di blog terbaru Carla), jadi maap ya kalo agak vulgar.

Tapi serius, kamu tau kah jawaban pertanyaan2 tersebut diatas?
;-)

eny_euy said...

emang kupang suko tu yang paling manteb...
soalnya saya ni orang sidoarjo asli..hahaha