Tuesday, January 20, 2009

Pencuci Mulut a la Jerman



Sudah lama nggak posting disini, tiba-tiba kepingin posting gara-gara kemarin Sabtu ngafe UENAK dan tumben-tumbennya ada makanan kesukaan yang berbau Jerman ;-)


Apfelstrudel mit Vanillesosse, terjemahan bebas: Kue Apel dengan saus Vanila. Sebetulnya sih mirip-mirip Apple Pie, tapi di-oven. Termasuk dessert alias masakan pencuci mulut khas Jerman dan Austria, maka dari itu jangan coba-coba beli di luar Jerman / Austria karena dijamin enggak enak hehehe *sok original*. Sebetulnya bisa bikin sendiri sih, resepnya pasti gampang dicari di Mas Google atau Mbak Yahoo.

Kue Apel ini berisi lapisan apel segar, tidak terlalu manis, tapi setiap gigitan terasa kressss kresss apelnya, apalagi disajikan hangat dari oven, jadi lezatttt deh. Kadang dihidangkan dengan Es Krim rasa vanila, tapi di foto ini kebetulan cafe-nya menyajikan dengan Saus Vanila, enak juga kokkkk. Cocok untuk dimakan di sore hari yang dingin, sambil minum kopi susu dan menikmati hujan / salju / cuaca jelek di cafe atau di teras rumah yang teduh.






Dessert alias makanan pencuci mulut kedua yang cukup terkenal di Jerman adalah Germknödel, atau Dampfnudel.
Nggak tau kenapa dinamakan mirip2 nudel alias mie, padahal nggak ada hubungannya sama mie sama sekali, rasanya juga nggak mirip mie sedikitpun.


Ini juga makanan favorit saya di musim dingin. Mirip-mirip bakpao ala Indonesia, tapi manissss. Pertama kali nyoba (tahun lalu...) bengong, BAKPAO KOK MANIS dan berwarna kuning??? Hahahahha. Dasar kampung. Bahannya juga mirip bakpao, tepung yang kenyal dan enakkk. Bisa dibeli di supermarket Jerman dalam keadaan beku / siap masak.

Bedanya dengan bakpao, Dampfnudel atau Germknödel dihidangkan dengan saus Vanila yang manis dan hangat (lagi-lagi manis...), dan 'bakpao' nya diisi dengan buah plum yang dicacah halus (mirip selai tapi rasa plum, bukan rasa strawberry).
Jadinya? Bakpao manis, isi selai plum manis, dihidangkan hangat dengan saus vanila panas yang juga manis.
Lezatttttttt, tapi kalorinya jangan ditanya, hehehe.


Ok, sekian laporan dari negeri (ex) Hitler, yang berminat cari resep Apfelstrudel atau Dampfnudel silahkan, kalau mau titip bawakan untuk oleh-oleh kok agak susah dan merepotkan ya (secara saya juga bisanya pesan di cafe, nggak pernah beli di supermarket apalagi bikin sendiri, hehehe)

Jadi posting ini intinya cuma untuk iming-iming bikin ngiler aja ;-)
Oh ya, kalau di Jerman, hidangan pencuci mulut ini bisa ditebus dengan harga sekitar 3 atau 4 Euro per porsi (sekitar Rp. 39.000,- dengan kurs 1 Euro = Rp. 13.000,-)
Tapi kalau untuk standard Jerman sih termasuk cukup murah, mengingat harga makanan normal (satu porsi steak atau spaghetti) ada di kisaran 10-12 Euro per porsi (lagi-lagi tergantung di kota mana, kota besar lebih mahal)

Saya memberi nilai 8 iler dari 10 iler untuk dua pencuci mulut a la Jerman ini.
Selamat ngiler.

1 comment:

yun said...

Masih untung namanya Dampf-Nudel daripada Dampf-Udel... makin ngga nyambung sama udel..ehhehehe :P
Mbak Ella apa kabarnya?? Salam juga buat Mas nya yah ;)