Monday, April 02, 2007

Lesehan Jaran - Jogja

Keber berwarna kuning dengan tulisan merah "Lesehan Nasi Goreng Jaran" yang tentu saja membuat lidah penasaran, penasaran akan rasa dibalik sebuah tulisan *sok puitis*. Warung kaki lima ini terletak di Jalan Panembahan Senopati di kota Jogja, di dekat jalan Jayeng Prawiran dan di seputar hotel wilis (yg sepertinya hotel ini sudah engga beroperasi lagi). Untuk ancer-ancer ngincip tidak bisa menjelaskan secara detil.. maklum.. bukan penduduk asli kota Jogja.

gambar : keber di foto dari pinggir jalan Senopati

Kali ini ngincip membawa mahluk bernama Riko (sebagai guide) dan Boambang sebagai tersangka... eh responden. Jaran (bahasa jawa) berarti Kuda, seperti artinya, warung ini menjual makanan yang berhubungan dengan daging jaran alias kuda. Menu yang ditawarkan adalah Nasi Goreng Kuda, Sate Kuda dan Tongseng Kuda. Ngincip mencoba Tongseng Kuda dan Sate kuda saat mencoba.

gambar : Tongseng Kuda, Nasi, Sate Kuda

Tongseng kuda rasanya ok banget, seperti gulai namun lebih kental, santan, jahe, daun jeruk kerasa di lidah... plus daging kuda dan kol setengah matang yang masih kriuk-kriuk, lombok bukan di ulek melainkan di rajang (potong) tipis-tipis dan ditaburkan. Begitupula Sate Jarannya, rasanya juga Ok dengan bumbu sederhana standar, irisan kol mentah, lombok dan bawang merah dicampur kecap manis, dagingnya empuk banget. Btw ternyata daging kuda rasanya kenyal dan engga seberapa berserat seperti daging ayam, hampir mirip sapi tapi lebih empuk dan seperti berlemak. Total yang harus ditebus untuk 5 Nasi Putih, 2 Es teh, 1 Es Jeruk, 1 Tongseng dan 2 porsi Sate (20 tusuk) adalah Rp. 37.500,-...

Ngincip memberi nilai 4 jaran dari 5 jaran :)... ... salam ngincip dari ngayojokarto hadiningrat..

3 comments:

zam said...

wah.. harus dicoba nih..

valens said...

iya zam.. rasanya mantabbb

Anonymous said...

EFF You