Wednesday, March 21, 2007

Jukut Ares - Bali

Kali ini salah satu makanan khas Bali. Namanya "Jukut Ares". Kalo di Indonesiakan jadinya "Sayur Ares".

Jangan kaget karena makanan ini bahannya dari batang pohon pisang yang muda. Kalo orang Bali nyebutnya "gedebong". Biasanya yang dipakai itu batang pohon pisang batu, tapi kalo gak ada, batang pohon pisang yang lainnya juga oke. Asal jangan pake batang pohon mangga ajah. Hehehe...

Pas hari Nyepi kemaren, sempet nyoba buat sendiri. Gak susah juga ternyata dan bahannya juga simpel aja.
Batang pohon pisang dikuliti, dibuangin bagian luarnya. Udah ketemu yang bagian tengah dan muda, terus diiris iris. Ga usah terlalu rapi juga gak papa. Soalna irisan ini harus diremes pake garam supaya getahnya ilang. Jangan lupa selesai diremes pake garam harus dicuci, biar gak keasinan.

Terus buat rebusan kaldu ayam ato babi. Ini tergantung keadaan. Suka suka yang bikin. Tambahin bumbu kuning. Saya menyebutnya bumbu kuning karena emang warnanya kuning. Orang bali nyebutnya "basa genep" aka bumbu lengkap. Jadi segala macem bumbu yang ada di dapur itu diulek dijadiin satu. Kalo disebutin antara lain bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, laos, kunyit, cabe. terasi, ama merica 'kalo suka".

Udah gitu, irisan gedebong tadi boleh dimasukin ke dalam kaldu. Tambahin daun salam biar wangi. Jangan lupa isi garam supaya tidak hambar. Nah, sekarang tinggal tunggu aja sampai matang.


Yummy...rasanya tasteful, ada rasa pedas pedasnya. Enak buat temen nasi ato pun buat di gado.
Boleh tahan lah, hasilnya gak beda terlalu jauh dengan buatan para expert. hehehe

Sementara ini, saya belum nemu penjual jukut ares ini. Kalau jaman dulu seeh banyak, tapi sekarang agak susah nyarinya. Beberapa warung nasi bali kadang masi punya menu ini.
hmhmhm...

7 comments:

valens said...

waaahhh bagi-bagi reseppp :) ide baru nih buat para penyumbang tulisan, yang mao nulis resep monggo.. silahkan.. mari.. nyam, tampaknya kok lezat ya... baru tau gedebog(=basa jawa) pisang bisa dibuat sayuran. *ngiler.. ngiler..*

meknowlittle said...

oi byk juga sayur batang-pisang di jawa. tanteku dirumah (sby) sering bikin. disantani, pake bumbu lengkap jg (kunyit, lengkuas, jahe dll), dikasih lombok byk2.

lavender pernah coba bunga'nya? yg gede merah tebal ky pepaya. disayurin enak juga tuh.

di Bali msh ada jg yg jual tp aku malas beli krn jualnya bersamaan nasi lawar (darah babi). hehe.. ilang mood jadinya.

valens said...

loh dijawa ada tah ?? wah kekurangan info aku rek'...

bukan darah babi itu mak' di bujuki koen itu nasi lawar (kelelawar). cobaen tah.. enak kok... *tipu-tipu*

lavender said...

pernah liat ada yang masak bunganya. disebutnya pusuh biu kalo di bali. tapi belom sempet nyicip...

lah, dimana ada yang jual?
kalo beli nasi lawar kan bisa pilih yang putih, yang gak pake darah.
heheh...aku juga ga doyan kalo lawar warnana merah.

valens : plis yah jangan ngasi ajaran sesat...:p

Mee said...

eh, pernah lihat liputan soal ini di tipi, pas promosi makanan (sejenis wisata kuliner gitu) kayaknya ada yg jual deh di bali.
kalo lavender nemu, tambahin infonya ya...
oh ya, salam kenal buat lav :)

abiqu said...

batang pisang yang biasa di pake ada gak? pisang apa gitu btw jenis pisang kan banyak tentunya bisa menambah atau mengurangi taste nya klo pakai batang pisang tertentu.....tapi asyik juga neh

lav said...

@ abiqu : benernya sih semua batang pisang bisa dipake. asal pilih yang masih muda.
tapi so far biasanya yang dipilih itu batangnya pohon pisang batu.
*suer...bingung apa nama nasionalnya :D, coz kalo dibali dinamain gitu